### Hal seiring Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan Letnan Jenderal TNI (purn) Rais Abin dan Mayor Jenderal TNI (purn) Sukotjo Tjokroatmodjo yang mengajukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 33 ayat 6 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan. ######SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI BUNG ABRAHAM LUNGGANA ,SH,MH UNTUK MASA JABATAN 2016-2020 HASIL MUNAS IX PEMUDA PANCA MARGA TANGGAL 7-9 AGUSTUS 2016 ####

Sunday, May 13, 2012

PEMUDA Panca Marga (PPM) Kabupaten Cirebon peduli terhadap pesisir pantura yang kian rusak dengan menanam 50 ribu bibit mangrove.

Abrasi Meningkat, PPM Tanam 50 Ribu Bibit Mangrove

SUMBER, (PRLM).PIKIRAN RAKYAT.COM- Semakin meningkatnya abrasi dan terjadinya interusi di pantai utara (pantura) Cirebon, Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Cirebon berkomitmen untuk berupaya menghijaukan pesisir tersebut dengan menanam sedikitnya 50 ribu bibit mangrove.
"Penanaman bibit mangrove di pesisir yang masuk Desa Jadimulya Kecamatan Gunungjati ini berkaitan dengan ulang tahun ke-31 PPM," kata Ketua PC. PPM Kabupaten Cirebon, Lilis Setiawati Lestari, Minggu (13/5/12).
Kegiatan yang merupakan kerja sama antara PPM Kab. Cirebon dengan LSM Pang Laot Yudha Putra tersebut dihadiri dan turut berpartisipasi seluruh jajaran pengurus PPM kabupaten/kota se-Jawa Barat, pengurus Provinsi Jawa Barat maupun PPM Pusat.
Lilis mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut peduli terhadap lingkungan, terutama masalah penghijauan. Hal ini disebabkan salah satunya adalah karena pemanasan global saat ini bukan hanya isu belaka, tetapi dapat dirasakan.
"Temperatur udara sekarang ini sudah tidak menentu, begitu juga curah hujan, hal ini karena perubahan iklim. Selain itu, hampir di setiap gugusan pulau di Indonesia terjadi abrasi, interusi yang diakibatkan terjadinya penebangan liar terhadap hutan mangrove," kata Lilis.
Ketua LSM Pang Laot Yudha Putra yang juga pengurus PPM Pusat, Teuku Fachrudin menyatakan, penanaman mangrove itu tidak seberapa bila dibandingkan dengan bentangan pesisir pantai Cirebon yang panjangnya mencapai 54 kilo meter.
Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Jawa Barat Wilayah Cirebon, H. Ano Sutrisno mengaku mendukung langkah yang dilakukan PPM Kabupaten Cirebon, karena merupakan salah satu antisipasi terjadinya pemanasan global.
"Namun, seharusnya jangan cuma menanam, tetapi melakukan pula pemeliharaannya agar bibit mangrove tersebut bisa tumbuh maksimal," kata Ano. (A-146/A-108)***

No comments:

Post a Comment