### Hal seiring Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan Letnan Jenderal TNI (purn) Rais Abin dan Mayor Jenderal TNI (purn) Sukotjo Tjokroatmodjo yang mengajukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 33 ayat 6 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan. ######SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI BUNG ABRAHAM LUNGGANA ,SH,MH UNTUK MASA JABATAN 2016-2020 HASIL MUNAS IX PEMUDA PANCA MARGA TANGGAL 7-9 AGUSTUS 2016 ####

Saturday, December 29, 2012

Ini Cerita Pegawai Pertamina Soal Sosok Ibnu Sutowo

Rista Rama Dhany - detikfinance
Jakarta - Stigma koruptor terhadap mantan Dirut PT Pertamina (Persero) Ibnu Sutowo masih melekat hingga saat ini.

Sosok Ibnu Sutowo dianggap kontroversial, ada yang menganggap dia sangat berjasa membangun Pertamina, tapi di sisi lain ada yang menganggap dia seorang yang bertanggung jawab terhadap carut marutnya manajemen Pertamina di masa kepemimpinannya.

"Itu kan baru tudingan, dan belum terbukti, kami melihatnya justru jasa Ibnu Sutowo sangat besar bagi pertamina," kata Marlo salah satu pegawai Pertamina kepada detikFinance, Jumat (28/12/2012).

Menurut Marlo, tudingan tersebut terjadi di zaman pemerintahan Orde Baru yang bisa dibilang siapa-pun tidak berani untuk berbicara ke publik. "Apalagi itu terjadi di zaman Presiden Soeharto yang cukup banyak orang yang tidak berani berbicara ke publik," ucapnya.

Namun secara keseluruhan bagi Marlo, Ibnu Sutowo sangat berjasa besar bagi Pertamina, perjuangannya mencari aset-aset Migas tidak hanya dengan membeli aset wilayah migas tersebut, tapi juga dengan merebut dengan perperangan.

"Perjuangannya membesarkan aset Pertamina tidak hanya dengan membeli aset perusahaan asing, tapi juga merebut aset tersebut degan perjuangan dengan perperangan," tukasnya.

Namun tidak semua pegawai Pertamina kini yang mengenal sosok Ibnu Sutowo, seperti diungkapkan Suryo salah satu pegawai Pertamina lainnya. Suryo mengaku hanya mengetahui Ibnu Sutowo adalah Dirut Pertamina yang pertama.

"Saya tahunya sih beliau Dirut Pertamin pertama kali, pemimpin Pertamina, cikal bakal Pertamina sebesar ini," tandas Suryo

Ibnu Sutowo bagi pegawai Pertamina lainnya dianggap sebagai sosok yang berani, Ibnu sosok yang tidak takut dengan Presiden Soeharto. Walaupun ada yang menganggap Ibnu merupakan 'anak emas' Presiden Soeharto saat itu.

"Bahkan ketika menghadiri suatu pertemuan dengan Presiden Soeharto dimana dihadiri banyak menteri, ketika Soeharto datang semua yang ada diruangan berdiri semua, namun hal itu tidak dilakukan seorang Ibnu Sutowo," ungkap Vica President Comunications Corporate Pertamina, Ali Mindakir, dalam acara Bedah Buku Ibnu Sutowo "Saatnya Saya Bercerita" di Kantor Pusat Pertamina, Jumat (28/12/2012).

Diungkapkannya dalam buku tersebut seorang Ibnu Sutowo juga nampak jengah ketika perusahaan minyak asing Shell pada saat itu melarang dirinya masuk ke lokasi wilayah kerja Shell. "Dia Jengah, sebagai anggota TNI dirinya dilarang masuk ke lokasi wilayah Shell, padahal itu dia TNI padahal daerah itu tanah airnya," kata Ali.

Dari situlah Ibnu Sutowo bertekad memperjuangkan bahwa sumber daya alam Indonesia adalah hak rakyat Indonesia. "Makna pasal 33 UUD 1945 benar-benar diterapkan Ibnu Sutowo, dia beli aset Shell walau harus dengan utang," ucapnya.

Bahkan berkat pemikirannya kata Ali, muncullah sistem kontrak bagi hasil (PSC) untuk pertama kali dan hingga sampai saat ini sistem tersebut banyak diadopsi oleh negara lain.

"Bahwa sumber daya alam adalah hak rakyat, jika ada pihak asing atau siapapun yang ingin mengelolanya, silakan, tapi bagian negara harus lebih besar, dan jika biaya investasi mereka keluarkan tidak menghasilkan apapun bagi negara maka tidak akan diganti uang mereka," ucap Ali.


(hen/dnl)
Baca Juga 
1.  Pertamina Kembali Mengenang Ibnu Sutowo
2.  Ibnu Sutowo: Untuk Menjatuhkan Saya Paling Gampang dengan Tuduhan Korupsi


No comments:

Post a Comment