Hal seiring Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan Letnan Jenderal TNI (purn) Rais Abin dan Mayor Jenderal TNI (purn) Sukotjo Tjokroatmodjo yang mengajukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 33 ayat 6 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan. #### ## TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA AYAHDA LAKS MUDA (Purn) WAHYONO Sekretaris Jenderal LVRI pada tanggal 7 Februari 2013 ## Pimpinan Pusat dan seluruh anggota Pemuda PAnca Marga Turut Berduka Cita atas meninggalnya Ayahda Taufik Kiemas, semoga arwah almarhum dapat diterima disisinya, amien ## TURUT BERDUKACITA ATAS WAFATNYA AYAHDA KRIS BIANTORO## SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI BAPAK ALEX NURDIN SEBAGAI GUBERNUR SUMSEL SELAMAT MENJALANKAN TUGAS###SELAMAT MERAYAKAN NATAL 2013 DAN TAHUN BARU 2014 ######Selamat jalan Bung Agus Sulaiman Singadekane semoga jasamu di PPM dapat kami teruskan sesuai cita-citamu#####

Wednesday, January 30, 2013

Dokumen Rahasia G30S Segera Dibuka

SUMBER JPNN.COM --JAKARTA Rabu, 30 Januari 2013- Segudang dokumen rahasia peristiwa berdarah Gerakan 30 September (G30S) siap diumbar Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Mereka beralasan sudah waktunya dokumen-dokumen yang masuk kategori top secret itu dipelajari oleh publik. Rencana publikasi itu diungkapkan Kepala ANRI M. Asichin di sela-sela rapat bersama Komisi II DPR kemarin. Asichin menuturkan, ANRI pada 2012 telah mengeluarkan draf Peraturan Kepala (Perka) ANRI tentang Keterbukasediaan terhadap Arsip Naskah Arsip yang Dikecualikan, Khususnya Arsip G30S. "Upaya ini (membuka dokumen rahasia G30S) juga tuntutan masyarakat sendiri," tandasnya.
Asichin mengatakan, banyak kelompok akademisi atau peneliti yang menuntut mereka membongkar dokumen rahasia G30S. Untuk tindak lanjutnya, dia mengatakan akan menggelar sejumlah forum diskusi publik untuk mematangkan draf tersebut. Asichin menjelaskan, selama ini memang tidak semua dokumen G30S yang resmi milik pemerintah masuk kategori rahasia. Dokumen jenis ini sudah berseliweran di masyarakat. Misalnya sebagai sumber mata pelajaran sejarah dan lain-lain. Di samping dokumen yang bersifat umum itu, Asichin menuturkan, ada dokumen soal pemberontakan PKI yang bersifat rahasia. "Dokumen-dokumen yang rahasia ini dikelompokkan lagi menjadi kategori A, B, dan C," katanya. Dengan membuka dokumen rahasia G30S ke publik, pemerintah berharap tidak ada lagi kesimpangsiuran terhadap motivasi di balik kisruh beraroma politik itu. Meski antusias membuka segudang dokumen rahasia G30S, Asichin mengatakan, pihaknya tidak bisa tergesa-gesa. "Kami akan sangat hati-hati. Ini sangat sensitif," tandasnya. Untuk itu, dalam forum diskusi publik beberapa saat lagi, pihak ANRI akan mengundang banyak pihak. Mulai unsur politisi, TNI, Polri, peneliti sejarah, dan masyarakat umum. Asichin menargetkan, Perka ANRI soal keterbukasediaan dokumen rahasia G30S/PKI itu terbit tahun ini juga. Rencana ANRI membeber dokumen rahasia G30S ke publik ini mendapat respons dari Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja. Politikus PAN itu mengatakan, dokumen rahasia tersebut memiliki masa kedaluwarsa. "Saya rasa dokumen rahasia G30S itu juga sudah kedaluwarsa kerahasiaannya," katanya. Dia menuturkan sangat mendukung rencana pemerintah itu. Sebab, dia merasa masyarakat saat ini disuguhi dua versi data G30S yang bertentangan. "Yakni, versi mereka yang merasa menjadi korban atau terzalimi dan versi mereka yang dituduh pelaku," ujar Hakam. Dengan melansir dokumen resmi G30S yang selama ini menjadi rahasia, Hakam berharap kebenaran di balik operasi lapangan, intelijen, dan sebagainya yang terkait G30S/ bisa segera terbit. Sementara itu, anggota Fraksi Partai Demokrat Salim Mengga khawatir dibukanya arsip G30S akan menimbulkan kegaduhan politik luar biasa. Dia juga mengingatkan adanya proses "kritik dan autokritik". Setelah meletus peristiwa Madiun 1948 yang juga melibatkan PKI dengan kambing hitam Amir Syarifuddin, terjadi proses kritik dan autokritik itu. "PKI kemudian ikut pemilu lagi," kata purnawirawan yang mengakhiri karir militer dengan pangkat Mayjen TNI itu. "Jadi, tolong dikoordinasikan dengan lembaga lain agar tidak timbul kegaduhan," tegas Salim.(wan/pri/c2/agm)

Saturday, January 26, 2013

212 anggota OPM nyatakan kembali ke NKRI

Jayapura (ANTARA News)26 Jan 2013 - Sebanyak 212 anggota OPM yang dipimpin Daniel Kogoya menyatakan keinginan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan ratusan mantan OPM itu tertuang dalam ikrar kesetiaan yang diucapkan di hadapan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua, Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw, dan Sekda Papua Elly Loupatty di Skouw, perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), Jumat. Selain mengucapkan ikrar setiap terhadap NKRI, Daniel Kogoya yang menyatakan diri sebagai salah satu "panglima OPM" itu juga menyerahkan tiga pucuk senjata yang selama ini digunakannya. Ketiga pucuk yang digunakan itu adalah jenis engkeloop, FN 45 dan air softgun yang seluruhnya dalam kondisi baik.
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua, mengharapkan, lebih banyak lagi anggota OPM yang selama ini berkeliaran di hutan di perbatasan RI-PNG akan turun untuk bersama-sama membangun Papua. "Mari bersama-sama membangun Papua dan selaku Pangdam Cenderawasih akan selalu menerima dengan tangan terbuka setiap warga yang ingin kembali ke pangkuan ibu pertiwi," tegas Mayjen TNI Zebua. Senada dengan itu, Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw mengharapkan mereka yang sudah terlebih dahulu turun agar mau mengajak saudara saudara lainnya yang masih berada di hutan. "Ajak saudara atau warga lainnya yang masih di hutan untuk bersama-sama membangun Papua," kata Brigjen Pol Waterpauw. Sementara itu, Sekda Papua Elly Loupatty mengharapkan para mantan OPM itu mau hidup membaur dengan warga lainnya, termasuk dengan nonPapua. "Kemajuan dan kesejahteraan di Papua hanya dapat tercapai bila kita semua bekerja keras untuk mencapainya baik itu pemerintahnya maupun masyarakat," kata Sekda Papua Elly Loupatty. Kelompok OPM Daniel Kogoya selama ini beroperasi di wilayah perbatasan RI-PNG. Rumor yang beredar di masyarakat menyebutkan batas akhir untuk merdeka atau tidak adalah tahun 2014. (E006/E011) Editor: Aditia Maruli COPYRIGHT © 2013 Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Thursday, January 24, 2013

Warga Eks Timtim Gelar Rakernas Pertama

TEMPO.CO, Kupang - Warga eks Timor Timur yang menetap di Indonesia atau Uni Timor Aswain (Untas) menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pertama selama tiga hari, Jumat hingga Minggu, 25 sampai 27 Januari 2013, di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Ketua panitia rakernas, Surya Dharma Wonggo, menjelaskan, acara ini dihadiri oleh utusan 13 Dewan Wilayah Provinsi. Selain NTT, provinsi lainnya adalah DKI Jakarta, Papua Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Makassar, Sulawesi Tengah, Palu, Kendari, Manado, dan Mamuju. Hadir pula utusan dari enam Dewan Pimpinan Daerah atau pengurus tingkat kabupaten, yakni Kabupaten Alor, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Kupang, dan Kota Kupang. Selain sekitar 100 orang utusan dari berbagai daerah, sekitar 5.000 massa Untas yang berada di wilayah Timor Barat atau NTT akan meramaikan rakernas. Menurut Surya, sejumlah masalah akan dibahas dalam rakernas. Di antaranya, penyamaan visi dan misi elemen Untas dan pemerintah dalam menyelesaikan penanganan dan penuntasan pengungsi eks Timor Timur. Sebab, masalah tersebut hingga saat ini masih menjadi persoalan. ”Juga dibahas masalah para pejuang dan veteran, serta aset yang ditinggalkan warga eks Timor Timur di Timor Leste,” kata Surya, Jumat, 25 Januari 2013. Sesuai rencana, tiga menteri akan hadir sebagai pembicara. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono akan memaparkan kebijakan pemerintah dalam penyelesaian masalah pengungsi eks Timor Timur. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto, akan memberikan sosialisasi ihwal rencana aksi implementasi rekomendasi Komisi Kebenaran dan Persahabatan antara Indonesia dan Timor Leste. Adapun Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan menyampaikan materi dengan topik keharmonisan masa depan hubungan Indonesia dan Timor Leste. YOHANES SEO

Wednesday, January 23, 2013

Gubernur DKI Jokowi mengecewakan LVRI DKI

Bung Saharuddin Arsyad ketua Mada PPM DKI merasa kecewa dengan Gubernur DKI Jokowi dan mengatakan sebaiknya Jokowi meminta maaf karena telah melecehkan orangtua kami dan kami sebagai anak – anak para pejuang sangat tersinggung. Kami memaklumi bahwa beliau sedang banyak menghadapi masalah musibah banjir tapi mengapa menjadwalkan audensi dengan LVRI pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2013 dan tanpa pemberitahuan / pembatalan acara maka rombongan kembali dengan kecewa. Menurut Bung Arsyad Kronologis peristiwanya : 1.Oktober 2012 pengurus LVRI DKI mengajukan permohonan audensi dengan Jokowi sebagai Gubernur DKI terpilih, untuk membahas dan mencari solusi berbagai problem kota Jakarta. 2.Baru tanggal 17 Januari 2013 jawaban dari Jokowi tentang kesediaan Gubernur untuk menerima audensi yang dijadwalkan pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2013 3.Pada hari dan jam yang dijadwalkan Rombongan datang ke Balaikota DKI terdiri Kol CPM ( Purn ) HW Sriyono Ketua Mada LVRI DKI didampingi Mayjend (Purn) IG Danendra ( Ketua YG Vetern RI ), A. Azis ( Humas DPP LVRI ), Eben Ezer M Sinaga ( Advokad LVRI ), Syaharudin Arsyad ( Ketua PPM DKI ). 4.Ternyata sesuai jadwal yang ditentukan rombongan tidak dapat bertemu dengan Jokowi, staf gubernur mempersilakan agar menemui Asisten Sekwilda bidang Kesmas pada pukul 13.00, sesampai di ruang Kesmas dipersilakan lagi untuk menemui Kepala Biro Kesmas, sampai 13.30 Kepala Biro Kesmas belum juga datang, maka diputuskan untuk pulang ( Mekobas )

Tuesday, January 22, 2013

TRANSFORMASI PARADIGMA MENUJU KEBANGKITAN PPM

Jakarta 22 Januari 2013 : Hari Ulang Tahun Pemuda Panca Marga yang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat PPM pada tanggal 22 Januari 2013 bertempat di Sekretariat Mabes PPM Gedung Granada dilakukan secara sederhana dilanjutkan dengan Rapat ke 3 persiapan Pelaksanaan HUT PPM berskala Nasional , rapat dipimpin oleh Ketua Pelaksana Bung Karyadi , Pelaksanaan HUT PPM akan dilaksanakan sebanyak enam rangkaian jadwal kegiatan dari tanggal 9 Februari 2013 sampai dengan 21 April 2013 disesuaikan dengan thema HUT yang ke 32 “TRANSFORMASI PARADIGMA MENUJU KEBANGKITAN PPM”, adapun rencana / jadwal kegiatan adalah sebagai berikut : Sabtu 9 Februari 2013 Jam 06.00 – 09.00 Acara : Ziarah ke Makam Pahlawan Kalibata Peserta dari PPM se Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat Koordinator Pelaksanaan Ziarah Badriel Johansyaf SH Jam 10.00 - Selesai Dilanjtkan acara : Syukuran, bertempat di Gedung LVRI Granada Peserta / Undangan : Mabes LVRI, Mabes TNI, Mabes Polri, Pejabat Tinggi Negara Lainnya, Senior PPM, Ormas, OKP Koordinator : Ardiansyah (Catatan : Pengurus Mada PPM seluruh Indonesia, diharapkan kehadirannya dengan biaya sendiri ) Waktu Belum Terjadwal Acara : Bhakti Sosial Pasca Banjir di DKI Peserta Mabes PPM, Mada DKI, Mada Jabar Koordinator Nurhidayah 27 Februari 2013 Acara : Dialog Kebangsaan, bertempat di Jakarta Peserta : Nara sumber berkompeten dan anggota PPM Koordinator Mugaera Johar,SH,Mkn 24 – 30 Maret 2013 Acara : DIKLAT KADER Tk MADYA NASIONAL bertempat Pusdikzi Bogor Peserta anggota PPM seluruh Indonesia sebanyak 1.200 anggota Koordinator : Drs. Helmi Soetikno, MM,MBA (Ketua Mada PPM Jawa Brt) 21 April 2013 Acara : Funbike Start Silang Monas Peserta : Keluarga Besar PPM dan Umum Koordinator : Eddy Rusli ( Ketua Cabang PPM Tangerang Sel ) Catatan : Acara Ziarah Tanggal 9 Februari 2013 dan dilanjutkan syukuran, pakaian yang dikenakan untuk seluruh pengurus PPM adalah PDH / PDU dan untuk anggota Yudha Putra PDL Loreng. CATATAN : UNTUK DIKLAT KADER Tk MADYA NASIONAL YANG AKAN DISELENGGARAKAN DI PUSDIKZI BOGOR TANGGAL 24 - 30 MARET 2013 PESERTANYA ADALAH DARI PENGURUS PPM SELURUH INDONESIA DAN PENDAFTARANNYA MELALUI MADA PPM / MACAB PPM TERDEKAT, BIAYA TRANSPORTASI DITANGGUNG MASING-MASING PESERTA Mekobas

Friday, January 18, 2013

Nasdem Bantah Surya Paloh dan Harry Tanoe Bersaing

Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem), Patricia Rio Capella REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Rio Patrice Capella membantah adanya konflik antara Surya Paloh dan Harry Tanoesudibyo dalam perebutan kursi ketua umum Nasdem. Menurut Rio, kedua tokoh Nasdem itu masih menjalin hubungan baik. “Tidak ada persaingan antara Haryy Tanoe dan Surya paloh,” kata Rio ketika dihubungi Republika, Jum’at (18/1). Menurutnya, memang ada upaya memecah belah soliditas Nasdem. Namun dia menolak jika upaya itu datang dari internal Nasdem. Dia menduga upaya memecah belah dilakukan pihak luar Nasdem. “Internal Nasdem ingin melihat partai ini besar,” ujarnya. Rio juga menampik ketegangan hubungan antara dirinya dengan Surya Paloh. Hal ini karena menurutnya, baik dia maupun Surya Paloh, sama-sama menduduki posisi penting di struktur pengurus Nasdem “ Pak Surya ketua majelis nasional partai sedangkan saya ketua umumnya,” katanya. Mekanisme pemilihan ketua umum Nasdem tidak dilakukan dengan pemungutan suara kader sebagaimana di partai lain. Dia menjelaskan, ketua umum ditetapkan berdasarkan keputusan sembilan anggota majelis nasional partai. “Mereka nanti yang akan membahas kepada siapa posisi ketua umum mesti diserahkan,” katanya. Saat ditanya siapa yang paling berhak memimpin Nasdem, Rio enggan menjawab. Dia menggaris bawahi kewenangan itu ada di Majelis Nasional Partai. “Ketua majelis partainya Pak Surya Paloh. Saya serahkan saja sama dia,” ujarnya. Redaktur: A.Syalaby Ichsan Reporter: Muhammad Akbar Widjaya

Monday, January 14, 2013

Nomor Urut Pemilu 2014 untuk 10 Parpol

Lambang Parpol Peserta Pemilu 2009
Jakarta Berita PPM -Hasil pengambilan undian Nomor Urut Peserta Pemilu 2014 di Kantor KPU Jakarta pada hari Senin tanggal 14 Januari 2013 dengan hasil sebagai berikut Partai Nasional Demokrat ( Nasdem ) = Nomor Urut 1 ; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)= Nomor Urut 2 ; Partai Keadilan sejahtera(PKS) = Nomor Urut 3 ; Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)= Nomor Urut 4 ; Partai Golongan Karya (Golkar)= Nomor Urut 5 ; Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)= Nomor Urut 6 ; Partai Demokrat= Nomor Ururt 7 ; Partai Amanat Nasional (PAN)= Nomor Urut 8 ; Partai Persatuan Pembangunan (PPP)= Nomor Urut 9 ; Partai Hati Nurani Rakyat ( Hanura ) = Nomor Urut 10 Sistim / cara pengambilan dan penetapan nomor urut tersebut dilakukan dengan dua tahap : Pertama, Sekjen setiap parpol dipersilakan mengambil urutan pengambilan nomor urut sesuai daftar hadir yang disediakan panitia. Kedua, Ketua Umum dan Sekjen mengambil nomor urut parpol sesuai dengan urutan nomor pengambilan. Kecuali Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri semuanya ketua umum parpol hadir. Aneh tapi nyata simpatisan PAN telah membawa selebaran lambang partai dengan tulisan angka 8, PPP membawa spanduk dengan tulisan angka 9, serta Golkar membawa topi bertuliskan angka 5. Selesai penetapan nomor urut kesepuluh parpol, rapat pleno terbuka dilanjutkan dengan pengundian nomor urut bagi parpol lokal dari Provinsi Aceh. Sebelumnya, berdasarkan rapat pleno terbuka yang dihadiri / mengundang Bawaslu, LSM. Hasil rekapitulasi verifikasi faktual, KIP Aceh telah menetapkan hanya tiga partai politik lokal yang memenuhi syarat menjadi peserta pemilu di Provinsi Aceh. Partai Damai Aceh = Nomor Urut 11 ; Partai Nasional Aceh = Nomor Urut 12 ; Partai Aceh = Nomor Urut 13 ; >>>> Oleh : Mekobas

Sunday, January 13, 2013

HUT PEMUDA PANCA MARGA KE 32

SEJARAH PEMUDA PANCA MARGA Berawal dari keinginan putra-putri Veteran RI untuk menghimpun diri dalam satu wadah organisasi yang tumbuh dan berkembang di berbagai daerah / propinsi, antara lain di Sumatera Utara tahun 1966 dengan mendirikan Kesatuan Anak-Anak Veteran RI (KAVRI), di Bali tahun 1971 mendirikan persatuan Persatuan Pemuda Panca Marga (P3M), dan di Jakarta tahun 1978 mendirikan Ikatan Putra - Putri Veteran RI (IPVRI). walaupun satu sama lain tidak mengadakan komunikasi timbal balik, namun putra - putri Vetaran tersebut sama-sama mempunyai tekad untuk meneruskan cita-cita perjuangan veteran RI mengisi kemerdekaan dengan berkiprah dalam Pembangunan Nasional sebagai wujud pengamalan PAncasila. Dalam Kongres III Legiun Veteran RI Tahun 1973 di agendakan pembahasan tentang pembinaan dan pemdayagunaan potensi putra - putri Veteran RI dalam satu wadah. pentingnya menjajaki kemungkinan meningkatnya secara nasional adalah ditinjau dari sudut kepentingan Pembangunan Bangsa, agar putra - putri Veteran RI lebih terarah untuk berperan serta dalam Pembangunan Nasional dan sebagai jembatan langsung dalam usaha mewarisi dan melestarikan jiwa Semangat dan Nilai-nilai'45. Kemudian gagasan untuk menjajagi kemungkinan tersebut diputuskan pada Kongres IV LVRI tahun 1978 dengan mencantumkan beberapa PEMUDA PANCA MARGA sebagai salah satu anak organisasi Legiun Veteran RI dalam Anggran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LVRI,dengan Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 1980 dan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga LVRI tahun 1983 dengan KEPRES No 61 Tahun 1984. Sebagai lanjutan Pimpinan Pusat Legiun Veteran memprakasai penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional Paripurna di Jakarta tanggal 20 - 22 Januari 1981 yang dihadiri oleh para eksponen putra - putri Veteran RI di daerah propinsi masing-masing. Rapat Kerja para eksponen putra - putri Veteran RI itu bersepakat mendirikan organisasi PEMUDA PANCA MARGA yang berlingkup nasional dicetuskan pada tanggal 22 Januari 1981 dan membentuk Pimpinan Pusat ( Sementara ) PEMUDA PANCA MARGA di daerah / propinsi yang belum mendirikan organisasi PEMUDA PANCA MARGA serta bertugas menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional ( MUKERNAS ) PEMUDA PANCA MARGA tanggal 7 s.d 10 Nopember 1983 di Pandaan, Surabaya, Jawa Timur. Untuk lebih mempertegas keberadaan PEMUDA PANCA MARGA, dengan persetujuan Legiun Veteran RI maka pada tanggal 22 Januari 1987 PEMUDA PANCA MARGA meresmikan kemandiriannya dengan menempatkan penyesuaian kedudukan Pemuda Panca marga menjadi Organisasi Kemasyarakatan yang mandiri untuk berperan serta dalam : - Mewarisi dan melestarikan Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai '45 ; - Pembangunan Nasional ; - Mengembangkan dan melaksanakan SISHANKARATA Tanpa mengurangi kemandirian sebagai organisasi Kemasyarakatan, PEMUDA PANCA MARGA yang berada dalam lingkungan Keluarga Besar ABRI menjalin hubungan kesejahteraan aspirasi dan koordinasi dengan Legiun Veteran RI serta berusaha untuk berhimpun dalam wadah pembinaan dan pengembangan sejenis (Kepemudaan). Oleh : MEKOBAS Sumber : Buku Saku PEMUDA PANCA MARGA 1989

Saturday, January 12, 2013

GRIB pimpinan Hercules antar Prabowo ke "Indonesia 1"

Padang (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Gerakan Indonesia Baru (GRIB), Hercules Rozario Marshal, menyatakan, organisasi yang dia pimpin itu satu andalan mengantarkan Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Prabowo Subianto untuk menjadi presiden Indonesia alias "Indonesia 1". "Meski usia kami baru dua tahun, namun ormas ini menjadi andalan bagi Ketua Dewan Pembina GRIB, Prabowo Subianto, untuk menangkan Pemilu 2014," kata Hercules, saat berada di Padang, Sabtu.
Hercules terkenal atas sepak-terjangnya di beberapa kawasan Jakarta, di antaranya Pasar Grosir Tekstil Tanah Abang, pada beberapa masa lalu. Menurut dia, kekuatan GRIB harus berada di satuan tugas dalam memenangkan Subianto sebagai presiden pada Pemilu 2014. "Satuan tugas itu memberikan kenyamanan dalam memenangkan Prabowo sebagai presiden, bukan membuat rusuh di tengah masyarakat," katanya. Untuk itu seluruh DPD GRIB di Indonesia harus memiliki sebanyak 5.000 orang anggota satuan tugas, menjadi kekuatan penuh dalam memenangkan Prabowo sebagai presiden. Tidak diminta pun, katanya, GRIB siap untuk memenangkan Prabowo sebagai presiden pada Pemilu 2014. "Presiden RI 2014 adalah Bapak Haji Prabowo Subianto. Itu sudah harga mati," kata Hercules, dalam Rapat Koordinasi GRIB se-Sumatera. (KR-ZON/M019) Editor: Ade Marboen COPYRIGHT © 2013

Rakorwil Pemuda Panca Marga Provinsi Jawa Barat

ARMABAR (9/1),- Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (S) Gatot Sugiarto menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Panca Marga (PPM) Wilayah III Cirebon dan Wilayah IV Purwakarta Provinsi Jawa Barat Tahun 2012, di aula Sunan Gunung Jati Markas Komando Resort Militer (Makorem) 063/Sunan Gunung Jati Jalan Brigjen Dharsono By Pass Kota Cirebon. Jumat (4/1).
Menurut Danlanal Cirebon tema Rakowil PPM tahun 2012 adalah, ”Kita Tingkatkan Kualitas dan Peranan PPM sebagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda yang Mandiri dan Berorientasi ke Masa Depan”. Lebih lanjut dikatakan tujuan kegiatan tersebut yakni untuk menyamakan persepsi dan menumbuhkan kepekaan unsur PPM sebagai organisasi keluarga besar TNI/Polri terhadap setiap permasalahan, aspirasi, partisipasi masyarakat, mengetahui secara jelas dan transparan atas sikap politik TNI serta pokok-pokok pikiran TNI, sehingga diharapkan dapat terjalin komunikasi antara Pengurus dan Kader PPM se-Jawa Barat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Sony Widjaya, Pimpinan TNI/Polri wilayah Cirebon serta unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Cirebon.

Tommy Soeharto jadi angggota Dewan Pembina Kiblat

Jakarta (ANTARA News) - Lama tidak terdengar kabarnya, kini Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) resmi dikukuhkan menjadi anggota Dewan Pembina Ormas Kiblat periode 2012-2017.
Kiblat, didedikasikan menjadi organisasi masyarakat untuk kepentingan sosial kemasyarakatan. Ichsan Noor adalah ketua Dewan Presidium Pusat Kosasih, dengan Ketua Harian, Nilwan Meiryanus, Sekretaris, Persada Ginting, dan Bendahara, Egart G Riana. Akan tetapi, Tommy alias Mas Tommy sebagaimana kalangan dekatnya menyapa dia, tidak hadir dalam pengukuhan kepengurusan organisasi masyarakat itu. "Kiblat adalah ormas yang bergerak di bidang kemasyarakatan, bukan politik," kata Noor. di Jakarta, Sabtu. Karena itu, Noor menegaSkan, "Kiblat mengharamkan apabila dibawa ke kepentingan politik. Karena itu, kita harus pandai-pandai jangan sampai latah mengikuti parpol." Namun, dia mengatakan pihaknya membuka diri bagi semua kalangan yang ingin bergabung dengan ormas tersebut, termasuk dari kalangan parpol. "Boleh saja, misalkan ada dari Partai Demokrat yang ingin gabung. Hak politik juga ada pada kader, programmnya boleh politik tapi 'haram' untuk dijadikan kepentingan politik praktis," katanya. Ichsan juga menjamin ormasnya tidak akan terjun ke dalam percaturan politik, terutama dalam Pemilu 2019. (J010/N001) Editor: Ade Marboen COPYRIGHT © 2013

Friday, January 11, 2013

Presiden umumkan Roy Suryo Menpora baru

Roy Suryo (ANTARA/Andika Wahyu) Jakarta (ANTARA News) 11 Januari 2013 - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat, mengumumkan Roy Suryo sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga yang baru. "Yang bersangkutan saya tugaskan menggantikan Andi Mallarangeng," kata Yudhoyono kepada wartawan di Jakarta, Jumat. Yudhoyono mengungkapkan, dia dan Wakil Presiden Boediono serta sejumlah menteri terkait, telah mewawancarai Roy Suryo. Roy juga menjalani semajam uji kelayakan sebelum kemudian diputuskan menggantikan Andi yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu menyusul pentersengkaaan dirinya oleh KPK dalam kasus Hambalang. Yudhoyono menekankan beberapa tuga kepada Roy, diantaranya melanjutkan prestasi yang dicapai Menpora sebelumnya dan melakukan konsolidasi dengan KONI serta melibatkan FIFA untuk membenahi persepakbolaan nasional. (*) Editor: Jafar M Sidik COPYRIGHT © 2013

Tuesday, January 08, 2013

Jelang Pengumuman Menpora Baru, Nama Hans Silalahi Menguat

Elvan Dany Sutrisno - detikNews Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan segera melantik Menpora baru pengganti Andi Mallarangeng. Nama Hans Silalahi muncul ke permukaan sebagai kandidat Menpora yang cukup kuat saat ini. Siapa dia? "Menpora Hans Silalahi, Ketua Umum Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI POLRI (GM FKPPI) ," kata sumber detikcom di internal PD, Selasa (8/1/2013). Hans Silalahi saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga DPP. Hans yang dikenal dekat dengan Sekjen PD Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) ini baru saja dilantik menggantikan Gede Pasek Suardika yang saat ini menjabat Ketua Departemen Komunikasi Publik DPP PD. Menurut sumber detikcom, Hans Silalahi diusulkan oleh Ketua Komisi Pengawas PD TB Silalahi. Nama Hans menguat melewati Ramadhan Pohan yang diusulkan Ketua Umum PD Anas Urbaningrum, dan Achsanul Qosasi yang diusulkan Marzuki Alie, dan Agus Hermanto yang didorong oleh sejumlah kalangan FPD DPR. Namun demikian Presiden SBY sampai saat ini belum mengambil keputusan. "SBY bingung mau Hans Silalahi, Ramadhan Pohan karena orang Andi, atau Agus Hermanto yang adiknya Hadi Utomo mantan ketum PD," katan sumber tersebut. Lalu siapakah yang akan dipilih SBY menjadi Menpora? Kita tunggu saja. (van/asy)

Monday, January 07, 2013

KPU Tetapkan 10 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tahun 2014

M Iqbal - detikNews
Jakarta - Rapat pleno terbuka KPU akhirnya mengumumkan partai politik yang lolos verifikasi dan menjadi peserta Pemilu 2014. KPU mengumumkan hanya 10 partai politik yang lolos sebagai peserta pemilu. "Keputusan KPU No. 5/Kpts/KPU/2013 tentang penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2014, KPU menetapkan memutuskan, satu, 10 partai politik dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu tahun 2014," kata ketua KPU, Husni Kamil Manik dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2013). "Kedua, 24 partai politik dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat sebagai peserta pemilu Tahun 2014," lanjutnya. Menurutnya, nama-nama partai politik yang dinyatakan Memenuhi Syarat sebagai peserta pemilu tahun 2014 tercantum dalam lampiran satu keputusan tersebut. "Nama-nama yang Tidak Memenuhi Syarat tercantum dalam lampiran kedua keputusan ini. Perubahan atas keputusan ini dalam dilakukan atas keputusan Bawaslu, PTUN, atau keputusan MK," lanjut Husmi. Berikut 10 Partai Politik yang lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai peserta pemilu 2014: 1. PDI Perjuangan 2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 4. Partai Amanat Nasional (PAN) 5. Partai Golkar 6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 8. Partai Demokrat (PD) 9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 10. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sementara itu berikut 24 partai yang tak lolos verifikasi: 1. Partai Bulan Bintang (PBB) 2. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). 3. Partai Bhinneka Indonesia (PBI) 4. Partai Kedaulatan 5. Partai Damai Sejahtera (PDS) 6. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI) 7. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) 8. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) 9. Partai Pengusaha Pekerja Indonesia (PPPI) 10. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) 11. Partai Republika Nusantara (Republikan 12. Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) 13. Partai Republik 14. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) 15. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) 16. Partai Persatuan Nasional (PPN) 17. Partai Buruh 18. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) 19. Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) 21. Partai Kongres 22. Partai Nasional Indonesia Marhenisme (PNIM) 23. Partai Karya Republik (Pakar) 24. Partai Nasional Republik (Nasrep) (iqb/mok)

Sunday, January 06, 2013

Pencalonan Alex Noerdin diharapkan lanjutkan keberhasilan Sumsel

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin (ANTARA) Jakarta (ANTARA News) - Pencalonan kembali Alex Noerdin agar terpilih kembali menjadi gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018, diharapkan akan mampu melanjutkan keberhasilan pembangunan di Sumsel selama ini. "Berdasarkan survei internal Partai Golkar, elektitibilitas Alex Noerdin yang kini menjabat Gubernur Sumsel masih tertinggi tingkat dibandingkan calon lainnya," kata anggota tim pemenangan pemilukada Sumatera Wilayah II, Bobby Adhityo Rizaldi saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu. Dia menyatakan, Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie telah memutuskan akan mengusung Alex. Putusan tersebut sesuai dengan rapat pimpinan daerah Partai Golkar Sumsel yang mendukung Alex sebagai bakal calon Gubernur Sumsel satu-satunya yang diusung Partai Golkar. Bobby menambahkan, Rapimda Golkar Sumsel itu dihadiri sekitar 300 peserta baik Dari DPP dan DPD provinsi, kab/kota se Sumsel dan juga organisasi sayap. Seluruh peserta sepakat memilih Alex Noerdin satu-satunya untuk diusung sebagai calon Gubernur Sumsel 2013-2018. "Itu merupakan sikap DPD Golkar se Sumsel yang diakomodir DPP," kata anggota DPR dari Dapil Sumsel itu. Booby menegaskan, karena hal tersebut sudah menjadi keputusan partai, maka seluruh kader Partai Golkar Sumsel harus mendukung mengamankan kebijakan ini dan bagi kader yang tidak mendukung dan mengamankan kebijakan ini maka dengan tegas akan dikenakan sanksi organisasi. Sebelumnya, Alex Noerdin yang tengah mengikuti rapat Gubernur se-Sumatra di Medan, saat dihubungi mengatakan, "Saya bersyukur dan akan memegang teguh amanah dan rekomendasi yang sudah diberikan oleh DPP Partai Golkar agar saya kembali maju pada pilgub Sumsel 2013," katanya. Menurut Ketua DPD Partai Golkar Sumsel itu, rekomendasi DPP Partai Golkar tersebut akan digunakan bukan untuk memperebutkan kekuasaan, tapi sebagai batu loncatan untuk meneruskan pembangunan yang sudah dibangun bersama. "Tentu saja saya harus menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah menuju target Sumsel gemilang," ujarnya. Sementara itu, berdasarkan hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) per bulan September 2012, Gubernur Alex Noordin --selaku incumbent (petahana)-- masih unggul dibandingkan empat bakal calon gubernur Sumatera Selatan lainnya. Alex dengan tingkat keterkenalan 93 persen, artinya popularitas sebagai gubernur tidak diragukan lagi. (*) Editor: Ruslan Burhani COPYRIGHT © 2013

Saturday, January 05, 2013

Ulang Tahun ke-67, Paspampres Bagi-bagi 20 Ribu Bibit Pohon Gratis

Rini Friastuti - detikNews Jakarta - Memperingati Hari Bhakti ke-67 Paspampres, 20 ribu bibit pohon dan tanaman keras dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Ratusan warga pun tampak memenuhi Mako Paspampres Jalan Tanah Abang II No 6, Jakarta Pusat.
"Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Bhakti ke-67 acara ini diadakan, sebenarnya (ulang tahun) 3 Januari. Ini bagian dari rangkaian acara ulang tahun paspampres," ujar ketua panita Kolonel Infantri Edmil Nurjamil kepada detikcom, Minggu (6/1/2013). 20 Ribu bibit ini terdiri dari 10 ribu bibit pohon dan 10 ribu bibit tanaman keras. Rinciannya yaitu pohon sengon 3000 batang, pohon jabon (3000), pohon mahoni (2000), merbau (1000), nangka (5000), sirksak (4000) dan rambutan (2000). "Ini merupakan terobosan baru dari kami. Kebetulan bibit ini dikembangkan di paguyuban Budi Asih di Sentul yang diprakarsai oleh Paspampres. Sejak 2005, pembibitannya sudah berkembang pesat," lanjutnya. "(Bibit pohon) dibagikan ke masyarakat supaya bisa bermanfaat yang membutuhkan dan untuk lingkungan. Ini aresiasi kami kepada masyarakat dalam rangka Hari Bhakti Paspampres ke67," imbuh Edmil. Acara yang dimulai pukul 7.30 WIB ini awalnya tidak disadari oleh warga. Namun setelah mengetahui adanya pembagian bibit pohon gratis, warga datang berbondong-bondong mulai mengendarai sepeda motor hingga membawa gerobak. Sehingga lalu lintas di depan gedung Mako Paspampres tampak tersendat. Untuk itu, sejumlah polisi militer tampak sedang mengatur arus kendaraan. (sip/try)

Friday, January 04, 2013

Tiru Blusukan Ala Jokowi, SBY Menelan Rasa Kecewa

Nelayan Mengeluh Solar dan Tidak Tahu Program KUR
JAKARTA--jpnn.com --Blusukan kampung, kini tidak lagi hanya milik Gubernur DKI Jakarta, Jokowi. Jumat (4/1), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga melakukan kunjungan dadakan. Tidak seperti biasanya, rencana blusukan SBY kali ini sejak awal sudah dirahasiakan. Wartawan Kepresidenan yang sejak Kamis (3/1) malam telah mendapatkan jadwal, hingga Jumat pagi masih belum diberi kepastian lokasi kunjungan Presiden. Ternyata Presiden SBY mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tanjung Pasir, Tangerang. SBY juga ditemani oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono. Para menteri yang ikut serta juga dibatasi. Diantara yang ikut blusukan adalah Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Mendikbud M Nuh, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif C. Soetardjo, Dirut Pertamina Karen Agustiawan. Agenda dadakan tersebut, kontan saja membuat suasana TPI yang sehari-hari ramai oleh nelayan dan masyarakat, menjadi berbeda. Ratusan masyarakat berusaha mendekat ke arah orang nomor satu di Indonesia tersebut. Presiden SBY pun berkeliling kampung nelayan dan melakukan dialog dengan rakyat yang ditemuinya. SBY pun menerima langsung banyak keluhan dari rakyat. Mulai dari susahnya nelayan mendapatkan solar, lokasi TPI yang banyak sampah, hingga ketidaktahuan masyarakat tentang program Kredit Usaha Rakyat (KUR). SBY pun tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya, karena KUR salah satu program andalan pemerintahannya saat ini. “Saya sangat kecewa ini, ada program bagus kok masyarakat tidak tahu caranya. Setiap tahun Pemerintah mengalokasikan Rp 20 – 30 triliun untuk KUR,” keluh SBY. Presiden SBY kemudian meminta Camat dan Bupati Tangerang Ismet Iskandar, untuk memberikan penyuluhan KUR dengan melibatkan Bank BRI. Selain KUR, SBY meminta Menteri PU untuk memperbaiki jalan menuju TPI yang banyak mengalami kerusakan. Mendikbud, M Nuh, juga mendapat arahan untuk memperbaiki fasilitas pendidikan untuk anak-anak nelayan dan masyarakat sekitar TPI. Sedangkan Menteri Kelautan Syarif C Soetardjo mendapat tugas, melakukan pengerukan dermaga TPI agar kapal-kapal nelayan mudah berlabuh. Khusus untuk sulitnya alokasi solar, SBY langsung meminta Dirut Pertamina, Karen Agustiawan, untuk segera menambah pasokan solar dan segera membangun SPBU guna memudahkan nelayan. Aksi Tak Biasa Kunjungan dadakan Presiden SBY ke TPI, Banten, penuh dengan kejutan. Selain melakukan dialog langsung, Presiden SBY juga tanpa canggung menaiki sebuah kursi yang biasanya digunakan untuk memimpin pelelangan ikan. Kontan saja aksi Presiden ini, membuat suasana menjadi semakin riuh. "Saya bukan mau memimpin lelang. Tapi saya ingin menyampaikan kedatangan saya untuk melihat kondisi Bapak Ibu sekalian. Agar kehidupan Bapak dan Ibu sekalian lebih sejahtera lagi," kata SBY dengan pengeras suara alakadarnya, seperti berorasi. SBY pun kembali menginventarisir tugas-tugas yang telah diberikan kepada para menteri, agar kondisi sekitar TPI dan kesejahteraan nelayan semakin baik. Warga yang sangat antusias dengan aksi SBY, sempat berteriak menyampaikan permintaannya. "Pak, sekalian pimpin lelang ikan saja," kata warga. Dengan senyum khasnya, SBY pun menjawab,"Saya tidak ingin ikut lelang. Nanti malah merusak pasaran," kata SBY yang disambut gelak tawa warga. Meski dijaga ketat Paspampres, suasana kunjungan Presiden SBY ke TPI, Banten, berlangsung dengan meriah dan penuh keakraban. Presiden SBY juga memberikan bantuan sebesar Rp100 juta untuk perbaikan TPI.(afz/jpnn) RELATED NEWS SBY Diklaim Lebih Dulu Blusukan Dari Jokowi Jokowi Tersenyum Dengar SBY Blusukan Istana Bantah SBY Tiru Blusukan Ala Jokowi

Mars Pemuda Panca Marga PPM

HYMNE PEMUDA PANCA MARGA PPM

Thursday, January 03, 2013

Santoso Bajak Situs Pengintai Kostrad

Foto: Internet.
JAKARTA JPNN.--Kelompok pengganggu keamanan di Poso rupanya juga tangguh di dunia cyber. Tak tanggung-tanggung, mereka meretas situs milik kavaleri pengintai Kostrad TNI AD.  Situs yang beralamat di http://kikavtai2.mil.id/  itu berubah menjadi pernyataan sikap kelompok ini.

"Kami sudah menelusuri pernyataan itu. Sekarang tim cyber masih melacak," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Agus Rianto di kantornya kemarin  (01/01).  Kelompok Santoso ini menamakan dirinya Batalion Abu Wardah Gugus Tugas Poso.

Hingga tadi malam, situs internet yang sebelumnya milik satuan elit berbaret hitam itu masih dalam posisi teretas. Sebuah regu bernama sariyatu tsari wa dawaa cyber team mengaku bertanggungjawab atas pembobolan situs milik Kostrad itu.

Isinya, mereka mengklaim akan terus melakukan serangan terhadap Densus 88 di Poso, Sulawesi Tengah. Mereka marah karena polisi menutup Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Putri Darul-Anshar yang berada di Desa Ueralulu, Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, Poso. 

"Sebagai rasa solidaritas kami dengan segenap kemampuan kami dan jiwa raga kami sampai titik darah penghabisan,"  tulis pernyataan itu.

Kelompok ini juga menolak dikaitkan dengan Jamaah Anshorut Tauhid.  Kami menyesalkan tindakan Densus 88 laknatullah yang menangkapi orang-orang di luar kami dan tidak ada hubungannya sama sekali.  Bahkan, mereka menantang Densus 88 untuk langsung datang ke lokasi persembunyian yang menurut kelompok ini sudah diketahui oleh polisi.

Kombes Agus Rianto menjelaskan, klaim-klaim kelompok seperti ini menjadi bahan penyidikan yang penting.  "Tim cyber kita hebat-hebat. Nanti akan kita lacak daripada mereka melakukan peretasan itu, ini justru petunjuk yang bagus untuk tim kita,"  katanya.

Yang jelas, lanjut Agus, Santoso masih menjadi daftar pencarian orang paling wahid di dunia terorisme di Indonesia saat ini.  "Dia dalang utama serangan-serangan di Poso dan beberapa lokasi lain," katanya.(rdl)

RELATED NEWS

Wednesday, January 02, 2013

Gubernur Sumsel kirim bantuan korban banjir Muba

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Haji Alex Noerdin mengirim bantuan berupa 10 ton beras, 300 paket selimut dan terpal tenda darurat, serta 12.000 bungkus mi instan kepada korban banjir di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Bantuan itu diserahkan oleh Gubernur, Rabu, melalui Kepala Dinas Sosial Sumsel Apriyadi kepada perwakilan korban banjir dan kepala desa di Kantor Camat Lais, Musi Banyuasin (Muba).

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel, M.S. Sumarwan kepada ANTARA di Palembang, Rabu malam, menjelaskan, pada acara penyerahan bantuan kepada para korban banjir tersebut, Bupati Muba H. Pahri Azhari memberikan bantuan berupa 8 ton beras dan ratusan paket ikan dalam kemasan kaleng serta minyak goreng.

Menurut dia, bantuan kepada para korban banjir di Kabupaten Muba tersebut akan terus didistribusikan sehingga bisa dihindari timbulnya masalah sosial di daerah yang dilanda bencana itu.

Pendistribusian bantuan dilakukan secara bertahap karena desa-desa yang terendam banjir hanya bisa dijangkau relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan perahu mengingat debit air di lokasi banjir masih tinggi berkisar 1--4 meter, bahkan cenderung meningkat.

Melihat kondisi debit air di lokasi banjir masih tetap tinggi, diperkirakan rumah warga akan terendam hingga beberapa hari ke depan dan kemungkinan meluas ke wilayah kecamatan lain, ujarnya.

Dijelaskan, berdasarkan hasil pendataan relawan Tagana sekarang ini terdapat 3.624 rumah warga yang tersebar di enam kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba terendam banjir.

Wilayah Kabupaten Muba yang sekarang ini terkena banjir, yakni Kecamatan Lais meliputi Desa Petaling melanda 100 kepala keluarga (KK), Tanjung Agung Timur 100 KK, Rantau Keroya 80 KK, Danau Cala 30 KK, Teluk Kijing I sebanyak 500 KK, dan Teluk Kijing II melanda 500 KK.

Kemudian, Kecamatan Sekayu meliputi Desa Kayu Ara 50 KK, Lumpatan 75 KK, dan Desa Serasan Jaya 110 KK, Kecamatan Tungkal Jaya meliputi Desa Peninggalan melanda 84 KK, Kecamatan Bayung Lencir melputi Desa Pangkalan Bayat 25 KK, Kecamatan Batang Hari Leko meliputi Desa Sungai Napal 42 KK, Lubuk Buah 288 KK, dan Desa Tanjung Bali 230 KK.

Kecamatan Sanga Desa meliputi Desa Keban I melanda 100 KK, Desa Trans Air Balui 660 KK, dan Desa Ulak Embacang melanda 650 KK, kata Sumarwan menambahkan.

(Y009/D007)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2013

Kasau: kekuatan udara dapat jadi "bargaining power"

ilustrasi Empat unit pesawat tempur taktis Super Tucano EMB-314 buatan pabrikan Embraer Brasil tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta. ()
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Madya TNI Ida Bagus Putu Dunia, mengatakan, kekuatan udara adalah merupakan salah satu komponen kekuatan yang dapat menjadi "bargaining power" dalam upaya menyelesaikan konflik antarnegara.

"Sebagai salah satu komponen pertahanan negara, TNI AU terus tumbuh berkembang seiring dengan dinamika pembangunan nasional dan perkembangan lingkungan strategis," kata Kasau pada apel khusus tahun baru 2013 di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Kebijakan pengembangan kekuatan TNI AU, kata dia, tetap mengacu pada rencana pengembangan yang telah dituangkan dalam rencana strategis TNI AU 2010--2014 dengan tetap memperhatikan dinamika di lapangan. Kemungkinan ancaman dan kontijensi dapat muncul akibat situasi politik dan keamanan internasional yang makin intens akibat fenomena global dan adanya rehabilitasi dari bencana alam, kebijakan operasi militer pengamanan perbatasan dan daerah rawan pengamanan pulau-pulau terdepan.

"TNI AU akan menambah alat utama sistem senjata yang cukup signifikan. Sebanyak 102 pesawat baru yang terdiri dari F-16, T-50,Super Tucano, CN-295, Hercules, Helicopter Cougar, Grop, KT-1, Boeing 737-500, maupun radar akan segera memperkuat TNI AU. Hal ini tentunya akan menambah kebanggaan, sekaligus tantangan dalam upaya menyusun kekuatan maupun pemeliharaannya," papar Ida Bagus.
Kendati demikian, dirinya menyayangkan "Zero Accident" pada tahun 2012 belum berhasil diwujudkan. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih keras lagi, bukan saja dari para pelaksana di lapangan, melainkan juga dari pimpinan sebagai penentu kebijakan organisasi, perencana kegiatan, pengambil keputusan, pelayanan personel, pemeliharaan dan pendukung lainnya.

Selain itu, terkait dengan pencitraan TNI AU di masyarakat, Kasau berharap agar peristiwa kekerasan personel terhadap wartawan di Pekanbaru lalu tidak terulang.
"Personel TNI AU harus bertindak profesional berdasarkan SOP dan hukum yang berlaku, menyeimbangkan kebutuhan keamanan keselamatan, tidak mudah emosi, dan lebih persuasif dalam menghadapi wartawan maupun masyarakat," ujarnya.
(S037/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2013



Lingkungan strategis pengaruhi pembangunan TNI AL

Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono (tengah), bersalam komando dengan Laksamana TNI Soeparno (kiri) dan Kepala Staf baru TNI AL, Laksamana Madya TNI Marsetio (kanan), di sela-sela upacara sertijab di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Kamis (27/12). Marsetio menggantikan seniornya, Soeparno. (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)

 Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Marsetio, mengatakan, perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan sulit diprediksi mempengaruhi terhadap pembangunan TNI AL. Di antara yang terlihat saat ini, perkembangan situasi kawasan regional tentang Laut China Selatan.