### Hal seiring Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan Letnan Jenderal TNI (purn) Rais Abin dan Mayor Jenderal TNI (purn) Sukotjo Tjokroatmodjo yang mengajukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 33 ayat 6 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan. ######SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI BUNG ABRAHAM LUNGGANA ,SH,MH UNTUK MASA JABATAN 2016-2020 HASIL MUNAS IX PEMUDA PANCA MARGA TANGGAL 7-9 AGUSTUS 2016 ####

Saturday, September 19, 2015

Peristiwa 65 dalam Rekaman Dokumen Intelijen CIA (1)

Dokumen CIA dan Tragedi 1965 Sandy Indra Pratama, CNN Indonesia Jakarta, CNN Indonesia -- Rabu lalu, Badan Intelijen Amerika Serikat membuka dokumen soal banyak hal yang terjadi di dunia pada rentang periode 1961 hingga 1969. Dalam situs resminya, CIA mendedahkan laporan dan analisis mereka mengenai apa yang terjadi dan patut di waspadai oleh pemerintah Amerika Serikat.
Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia pada dokumen yang dirilis dalam situs berita CIA, tanggal 1 Oktober 1965, dipaparkan telah terjadi penculikan terhadap enam jenderal petinggi angkatan darat, termasuk Jenderal Ahmad Yani. “Kondisi yang terjadi cukup membingungkan, semua dalam posisi yang meragukan,” bunyi dokumen yang mereka sebut sebagai “Brifeing Harian untuk Presiden”. Masih menurut dokumen CIA itu, Mayor Jenderal Soeharto memimpin upaya kontra kudeta, beberapa jam setelah insiden penculikan diketahui. Seoharto disebut telah menguasai jaringan radio di Jakarta. Meski cukup terperinci, namun dokumen yang didedahkan CIA tidak komplit. Sebab dalam penelusuran ada beberapa alinea yang sengaja tak dipublikasikan. Segmen peristiwa 1965 ini, sebenarnya satu bagian dari banyak laporan dan pantauan intelijen Amerika Serikat dari berbagai penjuru dunia. Lihat juga : Nama Kolonel Untung, Peristiwa 65 dalam Dokumen CIA (2) Menariknya, dalam akhir laporan CIA pada tanggal 1 Oktober 1965, badan telik sandi itu menganalisis soal belum pastinya reaksi dari kalangan komunis di Indonesia. “Satu laporan mengatakan partai komunis di Indonesia sudah bersiap untuk bentrok dalam beberapa hari ke depan, sedangkan tentara mencari jalan untuk terus mereduksi kekuatan komunis di daerah, ” ujar laporan tertulis CIA itu. Kondisi Indonesia, menurut analisis CIA yang dituangkan dalam laporannya, sangat bergantung kepada kesehatan Soekarno. “Apabila ia meninggal, perang sipil bisa diprediksikan terjadi di Indonesia, atau kemungkinan lainnya adalah daerah-daerah di luar Pulau Jawa bakal melepaskan diri dari dominasi Jawa,” ujar laporan tersebut. Tahun ini persis setengah abad peringatan terjadinya tragedi 1965. Rabu lalu, Badan intelijen Amerika Serikat membuka kepada publik memo intelijen yang disampaikan kepada presiden mereka dalam kurun waktu 1961-1969. Lihat juga: Cerita Soal Soekarno, Soeharto dan Penilaian CIA (3) Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini atau klik di sini (sip) Baca juga : --Dokumen CIA dan Tragedi 1965 Dokumen CIA yang Memotret Aksi Antikomunis di Ibu Kota (4) ----- CIA Merekam Relasi Soekarno dan Militer yang Kian Rucing (5)

No comments:

Post a Comment