### Hal seiring Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan Letnan Jenderal TNI (purn) Rais Abin dan Mayor Jenderal TNI (purn) Sukotjo Tjokroatmodjo yang mengajukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 33 ayat 6 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan. ######SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI BUNG ABRAHAM LUNGGANA ,SH,MH UNTUK MASA JABATAN 2016-2020 HASIL MUNAS IX PEMUDA PANCA MARGA TANGGAL 7-9 AGUSTUS 2016 ####

Thursday, June 21, 2012

Tanah Indonesia dari Morotai Disimpan di Amerika Serikat

Gagah Wijoseno - detikNews
 Jakarta Sebongkah tanah Morotai, Maluku Utara, Indonesia disimpan di Amerika Serikat. Secara resmi Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn dan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indroyono Soesilo menyerahkannya kepada Mayjen Emmett R. Titshaw Jr.

Seperti disampaikan dalam siaran pers KJRI Houston, Kamis (21/6/2012), penyerahan tanah itu dilakukan dalam upacara khusus di markas Florida National Guard (FNG), St. Agustine, Florida.

Acara itu juga dihadiri oleh Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur, dan sejumlah pejabat lainnya dari kedua negara.

Gubernur Thaib Armaiyn dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa penyerahan tanah Morotai itu mempunyai makna penting dalam sejarah dan hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) khususnya Morotai dan Florida.

Tanah Indonesia itu sengaja dibawa ke AS, karena FNG mengumpulkan tanah dari semua wilayah medan pertempuran dimana unit-unit FNG pernah bertugas. FNG merupakan bagian armada sekutu. FNG mengirimkan resimen ke-124 yang bergabung didalam devisi ke-31 DIXIE Division (DD) ke Morotai 14 September 1944.

Selain tanah Indonesia, FNG juga mengumpulkan tanah dari Afghanistan, Irak, Vietnam, dan beberapa negara Pasifik Selatan. Tanah Indonesia itu ditebar di sekitar markas FNG, St. Agustine.

Sementara itu Sesmenko Indroyono Soesilo mengatakan, selain menyerahkan tanah Indonesia, maksud kedatangan delegasi Indonesia ke St. Agustine Florida adalah memperkenalkan Sail Morotai 2012 kepada FNG yang acara puncaknya diselenggarakan 15 September 2012.

Indroyono juga mengundang veteran dan keluarga mereka serta unit-unit FNG yang pernah bertugas di Morotai untuk hadir pada Sail Morotai 2012 bersama-sama dengan para veteran dari Australia, Selandia Baru, Belanda, dan Jepang.

Sail Morotai 2012 yang akan diikuti sekitar 120 kapal dari berbagai negara di dunia, merupakan kelanjutan dari Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, dan Sail Wakatobi-Belitong 2011.

(ndr/vit)
Baca Juga

No comments:

Post a Comment