### Hal seiring Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan Letnan Jenderal TNI (purn) Rais Abin dan Mayor Jenderal TNI (purn) Sukotjo Tjokroatmodjo yang mengajukan uji materi atau judicial review terhadap Pasal 33 ayat 6 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan. ######SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI BUNG ABRAHAM LUNGGANA ,SH,MH UNTUK MASA JABATAN 2016-2020 HASIL MUNAS IX PEMUDA PANCA MARGA TANGGAL 7-9 AGUSTUS 2016 ####

Saturday, June 23, 2012

Tiga TKI Ditembak Mati Polisi Malaysia, LSM Desak Pemerintah Mengus

Antara/Ahmad Subaidi
REPUBLIKA.CO.ID,  JEMBER -- Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) buruh migran mendesak pemerintah untuk mengusut tuntas kasus penembakan tiga tenaga kerja Indonesia (TKI) oleh Polisi Diraja Malaysia.

"Kami mendesak pemerintah melakukan klarifikasi terhadap penembakan tiga TKI yang diduga melakukan tindakan kriminal itu dan tidak begitu saja percaya atas keterangan yang disampaikan polisi Malaysia," kata Koordinator LSM Peduli Buruh Migran, Lily Pujiati, saat dihubungi ANTARA per telepon, Sabtu.

Polisi Malaysia menembak tiga TKI, yakni Hasbullah (25), Sumardiono (35), keduanya warga Kabupaten Lumajang dan Marsudi (28) warga Bangkalan, Madura, yang diduga melakukan perampokan di Perumahan Templer, Saujana, yang berada di Kilometer 32 Jalan Selayang-Rawang, Selangor, Selasa (19/6).

Tiga jenazah korban penembakan polisi Malaysia dipulangkan ke tanah air atas upaya dari LSM Peduli Buruh Migran yang berkantor di Jakarta bekerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Kementerian Luar Negeri.

Menurut Lily, pemerintah harus kritis terhadap mekanisme penembakan pelaku kriminal WNI di Malaysia dan melakukan komunikasi terhadap aparat penegak hukum sehingga penembakan polisi yang sewenang-wenang tidak terjadi lagi.

"Kami masih belum tahu apakah tiga TKI itu benar-benar melakukan tindakan kriminal atau hanya alasan yang dibuat oleh polisi Malaysia karena TKI yang ditembak itu memiliki dokumen resmi," paparnya.

Ia mendesak pemerintah mempertajam penanganan kasus penembakan dan kekerasan yang dialami TKI di beberapa negara tujuan karena kasus penembakan TKI di Malaysia terjadi beberapa kali.

"Saya berharap pemerintah lebih peduli terhadap nasib pahlawan devisa negara itu dan mengutamakan perlindungan TKI," ujarnya menambahkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jatim, M. Kholili, yang mendesak pemerintah untuk menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia selama-lamanya karena banyaknya kasus kekerasan yang dialami buruh migran di sana.

"Lebih baik calon TKI itu diarahkan ke negara tujuan lain yang memiliki komitmen untuk melindungi buruh migran yang bekerja di sana, seperti Hong Kong dan Singapura," tuturnya.

Menurut dia, tindakan sewenang-wenang polisi Malaysia tidak hanya menimpa tiga TKI asal Lumajang dan Bangkalan. Namun, TKI asal NTB yang diduga menjadi korban perdagangan organ tubuh juga tewas ditembak polisi Diraja Malaysia.

"Banyak TKI yang mengalami tindakan kekerasan dari aparat kepolisian dan majikan di Malaysia. Namun, penanganan dari pemerintah Indonesia sangat lamban dan sebagian kasus justru tidak terungkap," ucap aktivis buruh migran asal Jember itu.

Redaktur: Heri Ruslan
Sumber: antara

1 comment:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete